Tuker Link ^^

10 Fenomena Pikiran Manusia yang Aneh


Pikiran adalah hal yang sangat indah. Banyak sekali hal tentang pikiran yang sampe saat ini pun masih tetap jadi misteri. Ilmu pengetahuan mungkin masih bisa menjelaskan fenomena - fenomena yang aneh, namun masih belum bisa menjelaskan tentang asal - usul mereka.Walaupun kebanyakan orang sudah mengetahui satu atau dua macam fenomena dari daftar ini. Berikut ini adalah 10 fenomena mental yang aneh dari dunia Psikologis.



  • De'ja' Vu


    De'ja' Vu adalah suatu peristiwa di mana saat kita sangat yakin pernah melihat suatu peristiwa atau pun sesuatu yang sama persis pada waktu lampau. Kita melihat pengalaman tersebut pernah kita alami atau kita lihat terjadi sebelumnya dan terulang kembali. Pengalaman tersebut biasanya disertai dengan perasaan "pernah mengalami" yang kuat dan sering kali merasa takut dan aneh. Perasaan tersebut biasanya muncul karena pernah mengalaminya dalam mimpi atau memang hal tersebut benar pernah terjadi.

    • De'ja' Ve'cu'

    De'ja Ve'cu' (Dibaca Vey kuu) sama halnya dengan orang - orang yang pernah mengalami De'ja Vu. Jika De'ja Vu pernah melihat persitiwa, De'ja Ve'cu' pernah benar - benar mengalami peristiwa tersebut dengan detail yang lebih besar seperti suara yang sama, bau yang sama, bentuk yang serupa dan sebagainya. Fenomena ini biasanya disertai dengan perasaan kuat bahwa kita sudah tau apa yang akan terjadi selanjutnya sesuai dengan apa yang pernah kita alami sebelumnya.

    • De'ja' Visite'



    De'ja' Visite' adalah suatu peristiwa yang serupa dengan de'ja ve'cu, tetapi berhubungan dengan tempat. Fenomena ini menggambarkan bahwa kita mengetahui dengan sangat jelas suatu tempat dari segi geografis, seluk beluk, jalan dan jalur sampai dengan begitu detail. akan tetapi, faktanya kita tidak pernah mengunjungi tempat itu. Nathaniel Hawwthorne menulis sebuah buku berjudul "Our Old Home" tentang sebuah kastil yang sudah menjadi reruntuhan yang belum pernah dia kunjungi sebelumnya, tetapi semua penggambarannya dalam buku tersebut sama persis seperti kastil nyata yang terletak di benua Eropa tersebut.

    • De'ja Se'nti

      Fenomena ini merupakan peristiwa di mana kita "pernah merasakan sesuatu" yang sebelumnya terjadi, tetapi pada kenyataannya peristiwa tersebut belum pernah kita alami. Secara tidak sadar sebenarnya kita sering sekali merasakan hal yang serupa tentang De'ja Se'nti. Pada contoh nya ketika kita mengatakan, "hmmmm... yah aku tau persis bagaimana rasanya" tetapi jika diingat baik baik belum pernah kita merasakan apapun tentang hal yang baru kita katakan. Contoh lain komunikasi verbal ketika orang mengatakan, "ya, saya tau" atau "ya, aku ingat" tetapi pada menit setelahnya baru menyadari bahwa memori tentang hal itu tidak ada, cuma perasaan kuat bahwa kita pernah merasakan hal yang serupa dalam kondisi yang abnormal.

      • Jamais Vu

        Jamais vu merupakan kebalikan dari De'ja Vu. ketika fenomena ini terjadi kita sama sekali merasa tidak memiliki memori atau pengetahuan akan sesuatu yang biasa kita alami. Berbeda dari melupakan sesuatu atau peristiwa. Ketika seseorang merasakan sepenuhnya tidak mengenali seseorang yang kita sebenarnya sangat kenal seperti orang tua, suami, istri atau anak tidak mengenal tempat bahkan rumah kita sendiri dan memunculkan perasaan kuat yang besar akan hal itu. Chris Moulin seorang pimpinan Universitas meminta 92 orang untuk menulis kata "door" sebanyak 30 kali dalam 60 detik. Dia menyatakan bahwa 68% dari respondennya mulai menampakan gejala Jamais Vu, yaitu di mana mereka mulai meragukan kalau "door" (pintu) itu adalah kata yang nyata.

        • Presque Vu

          Presque vu merupakan hal yang biasa kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena ini diperlihatkan dengan gejala verbal saat seseorang mulai bicara terbata - bata saat mengingat sesuatu yang sepertinya pernah dia alami. Seperti, "hmmm... i,,, iya tuh... hmmm... anu... hmmm... pernah tuh... iya... duh apa ya .....", sebenarnya kita tidak pernah mengalami hal itu hanya saja hampir mengalami peritiwa tersebut sehingga memori yang dikumpulkan pikiran menjadi tidak jelas dan berantakan.

          • L'Espritde l'escalier

            Fenomena ini adalah peristiwa ketika kita baru dapat mengumpulkan memori yang berguna akan suatu hal, tetapi terlambat sudah terlambat untuk dilakukan. Fenomena ini akhirnya meninggalkan perasaan menyesal ketika tidak dapat mengingat sesuatu di saat yang benar - benar dibutuhkan atau tepat.

            • Capgras Delusion

              Capgras Delusion adalah fenomena saat seseorang percaya dengan sangat kuat bahwa teman terdekatnya atau keluarganya telah digantikan dengan seorang peniru yang serupa. Fenomena ini dapat dikaitkan erat dengan kepercayaan bahwa alien menginvasi bumi dan menyamar menjadi manusia untuk alasan yang tidak diketahui. Ini bisa jadi gejala Shizophernia.

              • Fregoli Delusion

                Fregoli Delusion adalah fenomena otak yang sangat langka ketika seseorang percaya bahwa beberapa orang yang berbeda ada di dalam satu orang yang sama. Nama ini diambil dari seorang aktor Lepodo Fregoli yang memiliki kemampuan untuk mengubah kepribadiannya dengan cepat dalam theater, yang membuat seorang wanita berumur 27 tahun pada tahun 1927 merasa terancam kalau seorang aktor mengimitasi beberapa orang yang dia kenal dalam hidupnya.


                •  Prosopagnosia


                Prosopagnosia adalah fenomena saat seseorang salah mengenali orang lain atau benda yang seharus nya dia kenal sebagai sesuatu yang lain. Seperti salah mengenali patung sebagai manusia yang hidup atau manusia sebagai patung yang mati. Bahkan salah mengenali diri kita di cermin sebagai orang lain.



                Tidak ada komentar:

                Posting Komentar

                About Me

                Popular Posts

                Designed By Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates